Apa Arti Impact Yang Terdapat Pada Setiap Tambal Ban [Air Impact Wrech]

Ketika berjalan - jalan menggunakan kendaraan, pasti akan menjumpai sebuah tambal ban. Meskipun sepintas saja, pada tabung angin tambal ban tersebut tertulis tulisan "Impact" dengan huruf besar. Sering sekali kita melihat tulisan tersebut tapi apa maksudnya? Kali ini saya akan membuat sedikit penjelasan tentang apa arti impact yang terdapat pada tambal ban. Saat ini hampir semua tambal ban memberikan tulisan impact atau ada fitur impact pada tambal ban tersebut. Menurut saya, artikel yang menyebutkan kalimat "tambal ban" di internet sangat sedikit, mungkin karena topiknya kecuali pemburu berita mungkin.

Sebagai pengemudi truk saat ban truk bocor atau pecah, pengemudi truk tersebut akan segera mencopot ban yang bocor atau pecah tersebut dengan kunci roda. Pada truk besar biasanya alat yang dipakai antara lain: kunci roda, stang kunci roda, dongkrak, dan stang pipa panjang sebagai tumpuan. Memang jika membahas tentang "TEMPOE DOELOE" tambal ban masih menggunakan senjata seperti itu untuk membuka ban. Pasti sangat merepotkan dan juga sangat memeras tenaga sekali. Saat mencopot ban dan memasang ban rasanya sangat melelahkan sekali bila menggunakan perlengkapan seperti itu.

Namun hal itu lambat laun sudah ditinggalkan oleh kebanyakan tambal ban dan beralih ke alat yang lebih praktis yang biasa di sebut impact. Saya sendiri sebenarnya kurang paham mengenai arti impact itu sendiri tapi saya mengerti fungsi sebenarnya untuk apa. Menurut saya impact yang dimaksud adalah sebuah alat yang digunakan untuk mencopot dan memasang ban secara cepat dengan tenaga yang berasal dari angin. Jika anda memiliki pengertian lain silahkan berkomentar ya.

Tegangan angin yang besar yang berasal dari tabung angin pada tambal ban merupakan penggerak utama mesin impact. Semakin besar tabung angin maka semakin besar pula tenaga yang dihasilkan. Angin yang berasal dari tabung akan memutar mesin impact, pada mesin tersebut terdapat sebuah stang yang ujungnya adalah kunci untuk membuka baut roda pada truk. Tegangan angin yang tinggi dapat memaksa baut roda truk menjadi lepas meskipun baut roda tersebut berkarat atau susah untuk di lepas jika menggunakan cara biasa.

Karena menggunakan tenaga angin, maka akan terdengar suara angin ketika mesin impact sedang bekerja. Suara angin akan terdengar keras seperti meraung - raung jika baut roda sedikit membandel atau susah untuk di lepas. Memang bila dibandingkan jauh lebih efisien menggunakan impact daripada alat - alat manual seperti sebelumnya. Tapi untuk darurat tetap saja menggunakan alat manual. Bila dilihat dari segi positifnya, mencopot dan memasang ban lebih praktis cepat selesai tanpa memakan banyak waktu dan tenaga. Biasanya kebanyakan pengemudi truk bahkan saya sendiri lebih mengandalkan impact saat ban bocor atau pecah daripada membuka sendiri karena malah menyusahkan.

Impact memiliki sedikit negatifnya itupun biasanya terjadi ketika awal memasang baut roda yaitu saat pemasangan dan mengeraskan baut roda, ketika awal pemasangan baut rodanya miring atau drat baut roda tersebut tidak masuk dengan benar, maka dalam beberapa putaran baut roda tersebut akan menjadi keras meskipun belum mentok. Hal tersebut biasanya sudah dianggap biasa oleh tukang tambal ban karena kondisi baut roda yang jarang dibuka menjadi keras saat diputar. Karena anggapan tersebut, rata - rata baut roda setelah dipasang dan dikeraskan, maka akan sangat sulit untuk dibuka kembali. Kesulitan tersebut terjadi karena saat pemasangan baut roda sebelumnya drat sudah miring atau tidak pas, maka saat pengerasan baut roda tersebut menggunakan Impact, sudah pasti baut roda tepatnya drat dari baut roda tersebut pasti rusak.

Memang pada kondisi normal atau rusak, baut roda pasti akan tetap keras saat truk melakukan pekerjaan seperti biasa. Namun rusak atau tidaknya tersebut bisa diketahui saat membuka baut roda tersebut misalnya ban bocor lagi setelah beberapa kilo perjalanan atau ban tiba - tiba pecah karena truk bermuatan berat atau sudah tidak mampu. Lalu bagaimana cara mengetahui rusak tidaknya baut roda setelah menggunakan Impact?.

Tambal Ban Impact

Ketika pecah ban atau ban bocor di jalan, otomatis pengemudi dan kenek (bila ada) pasti akan membuka atau mencopot sendiri ban yang bermasalah tersebut dengan peralatan manual karena saat darurat seperti ini akan sangat beresiko untuk mencari tambal ban dengan Impact. Bila sebelumnya memasang baut roda dengan impact, maka dengan membuka sendiri seperti ini pasti ketahuan rusak atau tidaknya.

Pada baut roda yang masih bagus, ketika dibuka dengan alat manual yaitu kunci roda, stang kunci roda dan stang panjang. Setelah satu atau dua putaran pertama, baut roda tersebut pasti bisa diputar dengan ringan bahkan dengan jaripun pasti bisa karena sebelumnya sudah pernah dibuka. Baut roda yang masih bagus terlihat ulir yang rapi dan lurus. Namun lain halnya dengan baut roda yang rusak akibat salah drat saat menggunakan Impact. Ketika membuka baut roda tersebut sangat sukar sekali meskipun baut roda tersebut sudah bisa berputar. Biasanya baut roda yang rusak, saat memutar untuk melepaskan baut roda tersebut menjadi sulit sekali, jangankan pakai jari tangan, pakai kunci roda dengan stang pendek masih saja harus ngotot bahkan masih harus pakai stang panjang lagi. Baut roda rusak tersebut baru bisa diputar dengan jari tangan saat akan lepas antara 1 sampai 2 putaran terakhir. Ketika sudah lepas coba lihat ulir baut roda tersebut, pasti terlihat ulirannya yang rusak atau uliran menjadi bertumpuk.

Jadi seperti itulah arti dari impact serta sisi positif dan negatifnya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Komentar yang menyudutkan atau tidak berhubungan dengan tema blog akan dihapus oleh admin. Setiap komentar akan ditinjau terlebih dahulu sebelum diterbitkan. Trims.

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔