Apa Maksud Gandar Jalan TOL

Semakin padatnya arus lalu lintas saat ini, itupun tidak hanya di kota - kota besar saja, oleh sebab itulah di realisasikan jalan bebas hambatan atau yang biasa kita kenal dengan sebutan jalan tol. Jalan tol di fungsikan sebagai alternatif untuk mengurangi kepadatan arus kendaraan yang semakin tahun semakin menumpuk. Tapi saat ini bukan lagi sebagai alterlatif melainkan sebagai jalur utama bagi pengguna jalan yang notabene setiap hari menghadapi macet saat berangkat dan pulang kerja. Selain itu jalan tol merupakan jalan yang bisa di bilang satu - satunya untuk kendaraan seperti truk - truk besar karena pada jalan kota terdapat larangan yang dikhususkan untuk truk pada jam - jam tertentu saat jam kerja kecuali pada saat malam hari.


Menghadapi kepadatan serta macet antara mobil dan motor di jalanan umum membuat banyak pengguna jalan memilih jalur ke jalan tol karena dikhususkan untuk kendaraan ber-roda 4 atau lebih. Jujur saja ketika kita membawa sebuah mobil apalagi truk besar, sangat ribet sekali melaju apabila di kanan kiri depan belakang terdapat pengguna jalan lain yang menggunakan motor, pengguna jalan yang menggunakan mobil atau truk harus sigap lihat motor yang ada di kanan kiri agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan, hal ini tentu membuat kita sebagai pengguna jalan yang membawa mobil atau truk tidak bisa tenang dan santai. Jika perjalanan yang harus ditempuh dekat tidak masalah, tapi kalau jauh? Maka dari itu solusinya yaitu menggunakan jalan bebas hambatan atau jalan tol.



Papan Tarif Tol

Menggunakan jalan tol memang tidak gratis seperti kita menggunakan jalan di jalanan umum. Kita wajib membayar dengan tarif sesuai gandar kendaraan kita. Saat ini sistem pembayaran untuk jalan tol sudah tidak lagi menggunakan uang tunai melainkan menggunakan E-Card sebagai langkah untuk mempercepat proses transaksi pembayaran saat memasuki gate atau keluar gate di jalan tol. Jalan tol memiliki tarif tertentu tergantung jenis kendaraan yang di gunakan atau tarif yang dilihat melalui gandar sebuah kendaraan. Semakin banyak gandar kendaraan, maka tarif akan semakin mahal. Bagaimana saya tahu tarif kendaraan saya? Setiap akan masuk gate atau keluar gate pasti terdapat papan atau layar elektronik yang menginformasikan tentang tarif yang akan anda bayar nantinya. Tarif tersebut dihitung pada gandar kendaraan anda. Jadi banyaknya gandar kendaraan anda, maka itulah yang harus anda bayar. Sebenarnya artinya gandar itu apa?


Gandar kalau menurut saya sendiri yaitu baris roda pada kendaraan. Penghitungan gandar terbagi menjadi 5 yaitu:

Kelas 1 dengan 2 gandar. Misalnya anda membawa mobil station atau mobil pribadi seperti sedan contohnya, maka anda masuk kelas 1 pada gandar 2 roda. Kelas 1 merupakan kelas dengan tarif tol paling rendah diantara tarif - tarif yang lain.

Kelas 2 dengan 2 gandar. Berikutnya yaitu kelas 2 namun dengan gandar yang sama yaitu 2 gandar, biasanya tarif ini diberlakukan untuk kendaraan yang sudah dalam kategori angkutan barang atau angkutan orang seperti minibus dan truk sedang yang masih menggunakan 1 roda depan kanan kiri dan 1 roda belakang kanan kiri. (contohnya ELF, CANTER, BUS).

Kelas 3 dengan 3 gandar. Berbeda dengan yang di atas yang merupakan kelas rendah, memasuki kelas 3 dengan 3 gandar
bisa disebut juga sebagai kelas menengah karena pada kelas ini, umumnya kendaraan yang tergolong termasuk kendaraan besar. Bahkan untuk truk seperti elf atau canter bisa masuk dalam kelas ini apabila terdapat penambahan roda belakang yang sebelumnya 1 roda belakang kanan kiri menjadi 2 roda kanan kiri. Truk yang saya kemudikan juga masuk dalam 3 gandar karena memiliki 3 baris roda kanan kiri.

Kelas 4 dengan 4 gandar. Kalau kelas ini sudah pasti di isi oleh truk - truk sejenis trailer dan truk trinton (maksudnya truk yang menggunakan 2 gandar roda depan yang berfungsi sebagai kemudi). Tidak banyak varian truk dalam kelas ini, hanya trailer dan trinton yang saya ketahui. Trailer bisa panjang, bisa juga pendek asalkan pada head trailer dan tempel trailer masing - masing menggunakan 2 gandar yang di bulatkan menjadi 4 gandar.
< Kelas 5 dengan 5 gandar. Ini merupakan kelas tertinggi dengan tarif yang paling tinggi karena di dominasi oleh truk trailer panjang.

Sebenarnya adalagi 1 varian yang tergolong paling tinggi namun hanya pada jalan tol tertentu tarif ini dibedakan yaitu Kelas 6 dengan 6 gandar. setahu saya tarif 6 gandar masuk dalam tarif 5 gandar. 6 gandar juga di dominasi oleh truk trailer dengan tractor head 3 roda kanan kiri dan tempel trailer 3 roda kanan kiri.

Semoga bermanfaat.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Komentar yang menyudutkan atau tidak berhubungan dengan tema blog akan dihapus oleh admin. Setiap komentar akan ditinjau terlebih dahulu sebelum diterbitkan. Trims.

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔