Fungsi Sebenarnya Dari 3 Lampu Hijau Pada Kabin Truk Asal Jepang

Sebelum truk - truk lokal menjadi populer seperti saat ini, banyak perusahaan dibidang angkutan menggunakan truk bekas asal singapura yang di import ke Indonesia. Truk - truk tersebut merupakan truk bekas yang bermula dari jepang (truk buatan jepang) yang kemudian di gunakan pertama kali di negara - negara seperti singapura lalu di recycle ulang dan dijual kembali di Indonesia. Truk yang berasal dari jepang atau produksi jepang memang memiliki tenaga yang sangat besar dan kapasitas silindernya pun tergolong besar juga.


Biasanya pada kepala truk terdapat tanda seperti V6, V8, dan V12. Tanda tersebut maksudnya adalah jumlah silinder yang digunakan pada truk tersebut yaitu seperti V6 yang berarti jumlah silinder yang dipakai adalah 6 buah silinder. Bisa dikatakan angka sebelum huruf merupakan jumlah silinder yang digunakan. Selain itu jika membahas soal truk - truk import, ada sedikit perbedaan. Perbedaanya seperti penggunaan shockbreak (spiral) yang terdapat pada kepala truk, peredam suara mesin dan juga penempatan 3 lampu warna hijau tepat diatas kepala truk persis di tengah - tengah.

Nissan Diesel CW340

Salah satu yang akan saya bahas adalah 3 lampu warna hijau yang ada diatas kepala truk tersebut. Sebenarnya berfungsi untuk apa lampu tersebut? Apakah hanya sekedar hiasan atau bagaimana?

Sebenarnya pengadaan 3 lampu diatas kepala truk import tersebut yang umumnya berwarna hijau tersebut merupakan tanda untuk kecepatan truk tersebut. Selain warna hijau, ada juga yang berwarna jeruk atau orange namun warna orange sangat jarang dijumpai. 3 lampu berwarna hijau tersebut dapat menyala bersamaan apabila pengemudi mengaktifkan atau menekan tombol yang ada di dashboard. Umumnya tombol tersebut hanya ditekan oleh pengemudi truk ketika hari sudah mulai gelap atas jam batasan tertentu.


Sebelumnya saya mengatakan bahwa lampu tersebut adalah tanda untuk kecepatan. Maka dari itu setiap lampu yang menyala dari ke - 3 lampu tersebut memiliki kecepatan tertentu. Hal ini saya ketahui ketika masih dalam proses belajar mengemudikan truk besar dan saat itu truk yang saya kemudikan yaitu NISSAN DIESSEL CW 480 yang merupakan truk import. Truk tersebut memiliki 3 lampu warna hijau diatas kepala truk.


Ketika menjalankan truk tersebut saat dimulai dari km 0, lampu diatas kepala truk yang berwarna hijau tersebut akan menyala 1 buah saja. Lalu ketika memasuki kecepatan 50km/jam, lampu tersebut menyala menjadi 2 buah dan ketika memasuki kecepatan 70km/jam, ketiga lampu tersebut menyala secara bersamaan. Bagaimana pengemudi bisa mengetahuinya karena lampu tersebut berada di luar dan diatas truk? Sebenarnya 3 lampu tersebut memiliki 3 lampu indikator yang terdapat tepat diatas spidometer pada pengatur kecepatan. Jadi dengan melihat spidometer tersebut, pengemudi pasti mengetahui berapa lampu hijau yang menyala.


Sebenarnya bagaimana 3 lampu tersebut bekerja?

Setiap lampu yang menyala memiliki kecepatan tertentu mulai dari kecepatan rendah hingga tinggi. Pertama adalah menyala 1 lampu yang menandakan kecepatan atau laju truk tersebut berkisar antara 0km/jam sampai 40km/jam. Pada kisaran tersebut sebuah lampu hijau akan menyala dan kedua lampu lainnya tetap mati. Kedua adalah menyala 2 lampu yang menandakan kecepatan atau laju truk tersebut berkisar antara 41km/jam sampai 60km/jam. Pada kisaran ini dua lampu hijau tersebut akan menyala dan 1 lampu hijau yang tersisa tetap mati. Ketiga adalah 3 lampu menyala atau semua lampu menyala yang menandakan kecepatan berkisar 61km/jam hingga lebih (bisa sampai mentok).


Jadi dengan demikian anda akan tahu fungsi sebenarnya dari 3 buah lampu hijau yang ada diatas kepala truk import. Jika anda melihat lampu hijau diatas kepala truk hanya nyala 1 atau 2 buah saja bukan berarti lampu truk tersebut rusak atau putus. Varian seperti ini saat ini masih dipakai pada truk - truk jepang, untuk truk lokal mungkin tidak digunakan hingga saat artikel ini saya buat.

Apabila anda bukan seorang pengemudi truk, anda akan tahu berapa kecepatan sebuah truk hanya dengan melihat 3 lampu hijau yang ada di atas kepala truk import. Tapi karena saat ini truk - truk yang ada di Indonesia lebih di dominasi oleh truk - truk lokal, maka akan sangat jarang sekali bisa menjumpai truk - truk import karena beberapa alasan seperti harga, konsumsi bahan bakar dan lain sebagainya. Mungkin sampai disini dulu yang bisa saya tulis, semoga menambah wawasan anda dalam dunia truk. Terima kasih.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Komentar yang menyudutkan atau tidak berhubungan dengan tema blog akan dihapus oleh admin. Setiap komentar akan ditinjau terlebih dahulu sebelum diterbitkan. Trims.

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔