Pemahaman Cara Mengendarai Sebuah Truk Besar

Dari judulnya mungkin anda semua sudah memahami. Apa yang akan dibahas dalam posting kali ini. Tapi, sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada anda yang telah mengunjungi blog ini dan men-support blog ini. Saya harap semua informasi yang Sudah saya sajikan dapat menambah wawasan anda mengenai dunia kendaraan terutama truk. Truk tidak ada bedanya dengan mobil. Hanya saja kondisi dan bentuknya sedikit lebih besar dibandingkan dengan mobil yang biasa anda kendarai.


Jika anda mencoba untuk mengendarai sebuah truk, maka beberapa cara yang akan saya sampaikan mungkin bisa anda gunakan sebagai masukan. Anda bisa memilah-milah sendiri mana yang cocok buat anda dan mana yang tidak. Berikut ini adalah apa yang anda pahami terlebih dahulu ketika atau akan beraktifitas menggunakan sebuah truk.



Photo by: Hadi Sanjaya Putra (Driver)

Jika hal ini adalah kali pertama anda beraktifitas dengan sebuah truk maka cobalah memahami terlebih dahulu lebar pada sebuah truk. Lebar dalam artian bukan lebar ketika anda melihat truk dari luar, namun memahami lebar truk ketika anda sudah duduk dikursi pengemudi. Anda tidak harus menghidupkan mesin truk dalam hal ini, namun cukup bersantai serta menambah simpanan memori tentang ukuran lebar yang baru.


Apa yang saya maksud baru disini saya utamakan kepada anda yang sudah memahami atau mengerti situasi dan kondisi pada mobil pribadi anda. Kenapa harus didalam truk cuma untuk memahami lebarnya saja? Jika anda mencoba memahami lebar truk dari luarnya saja, saya mengatakan hal ini sangatlah keliru.


Kenapa dikatakan seperti itu? Karena jika anda melihat dan mencoba memahami lebar truk Dari luar, maka anda hanya berfokus pada lebar cabin atau kepala truk, kalau tidak hal tersebut, anda pasti mencoba memahami melalui lebar pada bak truk. Jika anda mencoba memahami dari dalam truk pada kursi pengemudi, Anda akan membuang kedua hal yang saya sebutkan sebelumnya. Alasanya adalah apabila anda berada didalam sebuah truk tepat pada kursi pengemudi, anda pasti mengetahuinya melalui kaca spion. Ya!! Memahami lebar truk adalah melalui kaca spion truk tersebut karena posisi Dari kaca spion melebihi lebar pada cabin atau kepala truk bahkan bak truk yang lebih lebar Dari cabin truk.


Contohnya adalah ketika truk akan keluar dari parkiran yang sempit, pahamilah terlebih dahulu sisa lebar ruang tersebut apakah cukup atau tidak. Karena cukup tidaknya tergantung dari lebar spion truk anda. Dengan kata lain adalah "jika spion masuk, maka truk sudah pasti masuk. Apabila anda berada di wilayah Surabaya dan sekitarnya yang dekat dengan jalan tol, maka anda bisa menyempatkan waktu untuk masuk ke jalan tol. Apa maksudnya? Di mulai dari gerbang tol perak sampai gerbang tol waru terdapat 3 buah lajur jalan. Jika anda mau anda bisa berlatih dan lebih mendalami tentang lebar truk yang anda kendarai tepat dijalur 2 atau jalur tengah. Menurut saya jalan ini cocok karena dari ketiga jalur, jalur 2 lah yang paling sempit dan juga tepat ditengah-tengah. Jika tidak pandai-pandai mengetahui lebar kanan kiri truk yang anda kemudikan, alhasil kaca spion truk anda jaminnya. Selain itu, untuk mendahului saja truk pasti keluar sedikit dari jalur atau marka jalan.


Saran ini hanya untuk anda yang sebelumnya sudah bisa mengemudikan mobil, maka cukup 2 kali yaitu pergi dan pulang anda pasti sudah paham total. Bagi anda yang belum bisa atau baru dalam mengemudi, saya tidak menyarankan hal ini karena untuk pemula cukup berbahaya, selain jalur yang sempit, jalur ini juga sudah pasti merupakan jalur yang selalu padat alias macet. Perlu anda ketahui sebelumnya kenapa saya memilih jalur ini? Alasannya adalah karena jalur ini selalu saya lewati setiap hari. Jalur ini selalu padat saat jam kerja namun tidak begitu laku pada dini hari alias sepi bro. Jalur padat dan sempit seperti ini akan membuat deg-degan dijalan, grogi berkendara, gemetar saat pegang kemudi dan takut menabrak depan atau samping. Hal seperti ini sangat wajar bila adalah seseorang yang baru, namun hal seperti itu akan hilang jika sudah terbisa dan yang lebih baik lagi adalah proses pemahaman sangat jauh lebih cepat dibandingkan anda menggunakan jalur yang sepi kendaraan seperti dilokasi perumahan dan sejenisnya.


Kenyataanya memahami lebar pada sebuah truk sangatlah penting. Pemahaman ini bertujuan agar anda terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan seperti menyenggol mobil, truk atau, motor. Perlu diketahui bahwa ketika mengemudikan truk besar, pengemudi truk hanya mengandalkan penglihatan melalui kaca spion pada sisi kiri truk, maka cobalah berhati-hati jika anda berada di sebelah kiri truk besar. Sampai disini dan semoga bermanfaat.

Share this :

Previous
Next Post »
1 Komentar
avatar

Pemahaman Cara Mengendarai Sebuah Truk Besar

Balas

Komentar yang menyudutkan atau tidak berhubungan dengan tema blog akan dihapus oleh admin. Setiap komentar akan ditinjau terlebih dahulu sebelum diterbitkan. Trims.

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔