Cara Mengganti Lampu Truk Yang Putus

Lampu pada truk merupakan sesuatu yang wajib ada. Tanpa hal tersebut bisa - bisa sesuatu yang buruk terjadi. Selain itu bisa terkena tindak pelanggaran sebagai pengguna jalan umum. Saat ini jenis - jenis lampu untuk truk sangat banyak dan warnanya pun juga bervariasi. Sebelumnya lampu pada truk hanya menggunakan jenis lampu bohlam biasa, tapi sekarang seiring perkembangan jaman varian lampu semakin bertambah seperti lampu led misalnya.


Untuk truk - truk besar, umumnya menggunakan lampu bertegangan 24V (volt). Ukuran 24 volt adalah yang paling besar dari semua ukuran tegangan. Lampu - lampu yang dipasang pada truk, mobil atau motor pada saat ini meggunakan tegangan listrik yang berasal dari accu. Jadi nyala pada lampu akan tetap stabil meskipun rpm mesin kendaraan berubah - rubah. Jalur untuk kelistrikan lampu biasanya dari accu menuju sekring terlebih dahulu sebelum menuju saklar yang berfungsi menghubungkan tegangan listrik ke lampu tersebut dengan tujuan untuk menghindari konsleting.


Bola Lampu truk dan mobil

Terjadinya konsleting biasanya arus tegangan positif listrik dari accu yang menuju lampu tersebut menempel pada arus tegangan negatif, jadi dengan demikian umumnya akan sebuah percikan listrik berskala kecil. Meskipun kecil percikan yang dihasilkan, dapat melelehkan kabel saluran listrik karena tegangan tersebut yang panas. Agar tidak terjadi konsleting maka digunakanlah sekring sebagai antisipasi terjadinya konsleting. Sekring sendiri berfungsi untuk memutus saluran kelistrikan secara otomatis ketika terjadinya konsleting atau hubungan pendek antara arus positif dan arus negatif.


Ada beberapa ukuran untuk sekring yang fungsinya juga bervariasi. Ukuran serkring biasanya tertulis dalam angka dan sebuah huruf serta warna. Beberapa ukuran yang biasa digunakan untuk truk atau bahkan untuk kendaraan lain secara global antara lain 10A, 15A, 20A, dan tertinggi adalah ukuran 25A. Hal tersebut sudah umum dipakai untuk semua jenis kendaraan. Jadi sampai disini dulu tentang sekring. Artikel tentang sekring yang lebih detail akan saya buat sesegera mungkin.


Kembali ke ulasan judul posting ini yaitu cara mengganti lampu truk yang putus. Bila membaca judul tersebut berarti anda ingin mengganti lampu tersebut atau ingin tahu caranya untuk menggantinya. Pertama adalah melihat secara detail kondisi lampu tersebut. Biasanya lampu truk atau kendaraan yang putus pada kaca bola lampunya terdapat warna hitam pekat. Hal ini disebabkan terjadinya ledakan( bisa jadi konsleting) saat ulirannya terputus. Saat terjadi ledakan tersebut memang tidak membuat suara yang berisik karena tertutup. Berikutnya adalah membuka wadah lampu tersebut. Biasanya dalam hal ini ada beberapa versi yaitu membuka tutup yang berada didepan bohlam dan dibelakang bohlam. Bila tutup yang bisa dibuka adalah bagian depan bohlam, berarti anda butuh sebuah obeng kembang untuk membukanya. Apabila yang bisa dibuka adalah tutup belakang bohlam berarti anda cukup membuka pittingan bohlam tersebut dengan cara diputar searah jarum jam. Selain dengan cara memutar, biasanya juga pada bagian belakang lampu terdapat seperti kawat untuk mengunci rumah pittingan bohlam, bila rumah bohlam kendaraan anda seperti ini, maka cukup membuka kunci kawat tersebut dengan cara ditekan terlebih dahulu dan di arahkan ke sisi kiri anda.


Setelah selesai melepas bola lampu yang putus atau rusak tadi, sekarang anda tinggal mengganti dan memasang dengan yang baru. Perlu diperhatikan, usahakan tegangan volt dan watt pada bola lampu yang baru tersebut sama agar tidak terjadi hal - hal yang tidak di inginkan seperti plastik pada pittingan menjadi leleh akibat panas dari ukuran watt lampu yang terlalu besar (lebih besar dari ukuran aslinya). Bola lampu seketika langsung putus akibat ukuran volt yang lebih kecil (standart untuk truk besar adalah 24V dan untuk mobil kecil serta motor berukuran 12V).


Penggantian bola lampu yang sesuai ukuran aslinya meskipun itu produk yang bisa dikatakan biasa atau barang murah dapat membuat lampu tersebut menyala secara normal namun bila ingin awet silahkan beli dengan kualitas yang lebih atau beli di dealer asli truk tersebut. Bila kelistrikan normal, maka lampu sudah pasti bisa menyala, tapi bila setelah penggantian bola lampu baru masih belum menyala maka permasalahannya terjadi jalur lampu tersebut mulai dari sekring sampai ke lampu. Apabila masalah truk anda adalah masalah seperti ini, maka detailnya bisa anda lihat pada artikel selanjutnya tentang "Cara Mengatasi Arus Pendek Pada Sekring Truk".


Saya akhiri sampai disini, bila ada pertanyaan, saran atau kritik silahkan berkomentar dibawah posting ini. Semoga bermanfaat.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Komentar yang menyudutkan atau tidak berhubungan dengan tema blog akan dihapus oleh admin. Setiap komentar akan ditinjau terlebih dahulu sebelum diterbitkan. Trims.

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔