Penggunaan Alat Pengamanan Diri (APD) Dalam Perniagaan

Setiap perusahaan yang ada di manapun pasti mengutamakan keselamatan dalam bekerja. Tidak cuma itu saja, beberapa dan sebagian besar sudah menerapkan peralatan yang wajib di gunakan saat melakukan aktifitas kerja seperti helm, kaca mata, sepatu, masker mulut dan rompi. Tidak hanya untuk para pekerja pemerintah saja, sekarang perusahaan luar pemerintah pun juga menerapkan hal serupa.


Seperti perusahaan tempat saya mengirim barang, bila di hitung hampir semua perusahaan yang saya masuki sudah menerapkan hal seperti ini. Beberapa diantaranya sudah menyiapkan perlengkapan keselamatan apabila pengemudi yang bersangkutan belum memiliki atau belum lengkap alat pengamanan diri (APD) yang di gunakan agar dapat memasuki kawasan tersebut. Akan tetapi ada juga perusahaan yang tidak menyiapkan peralatan seperti itu untuk para tamu atau pengemudi angkutan barang karena sebelumnya sudah ada pengumuman tentang pemakaian APD di luar kawasan perusahaan tersebut.


Perusahaan yang tidak memiliki ketersediaan APD tentu saja lebih disiplin dalam hal keamanan, karena tanpa penggunaan peralatan APD, tentu saja tamu ataupun pengemudi angkutan barang tidak di izinkan masuk perusahaan tersebut dengan alasan bahwa tamu atau pengemudi angkutan sudah mengetahui dan memahami peraturan - peraturan yang sudah terpasang di depan pintu masuk perusahaan.


Tidak hanya perusahaan - perusahaan saja yang menerapkan peraturan seperti itu, apabila anda ingin masuk di area terbatas pelabuhan tanjung perak, sebaiknya persiapkanlah peralatan APD anda secara lengkap mulai dari helm, rompi, sepatu, kaca mata. Peralatan seperti ini wajib anda miliki dan gunakan apabila anda ingin memasuki area terbatas tersebut kecuali apabila anda ingin menyebrang atau anda adalah penumpang kapal, anda tidak perlu menggunakan APD.


Foto ini saya ambil di salah satu perusahaan yang pada waktu itu tepat saya mengirim barang di sana dan tentunya saya meminta izin terlebih dahulu pada petugas tentang boleh tidaknya saya mengambil gambar. Sebelum di izinkannya saya mengambil gambar, petugas tersebut bertanya tentang tujuan penggunaan gambar tersebut. Beberapa jawaban yang saya utarakan dan salah satunya adalah untuk pelengkap informasi artikel dalam blog milik saya. Karena tujuan saya memang untuk itu, jadi saya di izinkan mengambil beberapa gambar yang saya butuhkan.


Bagi seseorang yang baru mengunakan peralatan APD, rasanya mungkin bisa di katakan kikuk karena belum terbiasa tentang penerapan hal seperti ini, mungkin perlu beradaptasi beberapa waktu demi keselamatan diri sendiri. Saya sendiri pada awalnya juga merasa kikuk dan aneh menggunakan peralatan APD, tapi lama - lama menjadi kebiasaan yang tidak bisa di hilangkan ketika melakukan aktifitas bekerja.


Jika anda adalah bagian dari salah satu perusahaan yang dikatakan disiplin dalam keamanan, gunakanlah peralatan APD ketika bekerja, berada di lapangan dan juga di jalan. Banyak sekali toko-toko yang menjual peralatan APD seperti ini mulai dari yang murah sampai mahal, semua itu tergantung kualitas barang yang di maksud. Menurut saya lebih baik ysng berkulitas bagus karena untuk keamanan diri sendiri daripada menyesal di lain hari. Semoga bermanfaat.

Share this :

Previous
Next Post »
1 Komentar
avatar

Penggunaan Alat Pengamanan Diri (APD) Dalam Perniagaan

Balas

Komentar yang menyudutkan atau tidak berhubungan dengan tema blog akan dihapus oleh admin. Setiap komentar akan ditinjau terlebih dahulu sebelum diterbitkan. Trims.

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔