Pengemudi Dump Truk Berkaki Satu

Apakah anda pernah melihat pengemudi dump truk berkaki satu?. Salah satu pengemudi dump truk dimana tempat saya bekerja terdapat seorang pengemudi yang hanya memiliki sebuah kaki bagian kanan saja. Dari sini mungkin terlihat sedikit aneh karena sekian tahun bersama dalam satu perusahaan, sampai saat inipun nama aslinya sendiri saya belum mengetahuinya sebab dari pertama mulai kenal hingga sekarang sudah dikenal dengan nama "wekwek" dan hampir setiap pengemudi lain yang saya tanyai juga tidak tahu siapa nama aslinya. Karena sudah tenar dengan nama wekwek, maka seluruh pengemudi sudah biasa memanggilnya seperti itu sampai saat ini.


Karena fisik yang tidak sempurna tersebut, wekwek cuma bisa menggantikan pengemudi aslinya saja atau hanya sebagai kenek truk ketika pengemudi aslinya sudah kelelahan. Biarpun hanya memiliki satu kaki saja, pemuda ini merupakan seorang pengemudi truk yang sudah professional. Pengemudi lainnya tidak ada yang mempunyai rasa takut atau khawatir apabila truknya dikemudikan oleh wekwek. Tidak hanya itu juga, selain bergelut di dump truk yang alurnya hanya dalam kota, dia juga menjadi kenek truk-truk panjang seperti truk wing-box Surabaya-Jakarta.


Asal mula memang sebelumnya pemuda ini sudah mampu mengemudikan truck saat masih memiliki dua kaki, namun karena kecelakaanlah yang mengharuskannya kehilangan kaki sebelah kirinya. Bagaimana ceritanya? Mohon maaf bila kejadiannya membuat ngeri. Pada saat antrian muat yang cukup panjang dan juga panas serta tidak adanya tempat berteduh, wekwek tidur tepat dibawah truknya dibelakang truk. Kemungkinan lupa atau bagaimana dari sini tidak ada yang tahu saat saya menanyakan kepada pengemudi lain yang saat itu tahu persis kejadiannya tentang apakah truk tersebut sudah dikunci pintunya, atau mungkin jika sudah terkunci maka keduanya (pengemudi aslinya dan wekwek) sama-sama pegang kunci sendiri-sendiri. Pada bagian ini banyak yang tidak tahu.


Kebanyakan mereka (pengemudi lain) bercerita karena truknya tidak bisa maju untuk keluar, maka si pengemudi berinisiatif memundurkan truknya agar bisa keluar dan sesegera loading untuk muat. Ketika baru saja mundur, inilah yang terjadi. Kaki kiri wekwek terlindas oleh ban truknya dan suara jeritan yang keras membuat semua pengemudi berhamburan dan berlarian secepat mungkin menuju ke arah kejadian. Dari sini banyak pengemudi yang mengatakan bahwa sangat amat ngeri melihat kaki kirinya yang sudah tidak berbentuk (hancur) karena terlindas. Ada juga yang sampai muntah-muntah melihat hal tersebut dengan mata sendiri.


Wekwek sudah tidak sadarkan diri saat ditolong oleh pengemudi lainya hingga berangkat menuju kerumah sakit terdekat. Dari sini sudah terputus informasi yang saya ketahui karena pengemudi lainnya tidak ada yang ikut menuju rumah sakit hanya pengemudi yang bersangkutan yang ikut. Tidak ada info sama sekali tentang lama dirawat, pulang Dan lain sebagainya. Yang ada adalah semua biaya dari kecelakaan tersebut ditanggung oleh perusahaan.


Karena hal inilah pemuda ini hanya bisa menjadi kenek saja. Namun jangan anggap remeh keahliannya, dia sudah dianggap pengemudi professional oleh pengemudi lainya meskipun sekarang cuma memiliki kaki tunggal. Kelebihan yang pengemudi lain sudah banyak tahu adalah tidak hanya dijalan sepi, jalan padat, jalan tanjakan, jalan turunan, jalan proyek yang bergelombang (goyang dombret) pun bukan masalah lagi. Saya pernah melihat sendiri bagaimana dia pengemudikan truk dalam satu kendaraan bersama saya, dia mampu melaju cukup kencang dan mengganti gigi perseneling namun tanpa menggunakan kopling secara mulus tanpa timbul suara "grak-grak" dari mesin. Hal ini membuat saya jadi penasaran dan ingin mempelajarinya. Atas jasanya saya mampu melakukannya hanya dalam 3 hari saja. Cukup salut tentang cara ini karena tidak semua pengemudi bisa melakukan hal ini sebab kesalahan fatal membuat mesin truk nenjadi rusak parah. Karena dari dasar inilah maka tanjakan atau turunan yang berbahaya jadi lebih mudah. Sampai saat ini saya masih melakukan penggantian perseneling tanpa kopling. Semua jenis perseneling entah itu saklar atau pukul semua sama saja namun tidak terlalu sering karena saya masih ada kaki kiri, hehe.


Banyak sekali candaan yang sering dilakukan terhadap wekwek saat antri loading muat yang membuat perut sakit karena tertawa seperti menyembunyikan sandal yang cuma kanan doang, mengambil sandalnya dan membawa lari kalau tidak tongkat bantu berjalannya yang dibawa lari. Sakit perut karena tertawa berlebihan saat wekwek mengejar pengemudi yang mengambil sandal atau tongkatnya karena cuma satu kakinya, jadi tidak bisa lari melainkan loncat-loncat mengejar sambil ketawa mirip seperti lomba balap karung saat tujuh belasan. Memang sedikit kasihan namun membuat senang seluruh pengemudi.


Bila ingin melihat pemuda tersebut secara langsung silahkan berkunjung ke pelabuhan tanjung Perak cabang jamrud diarea terbatas karena dump truk selalu beraktifitas disana atau silahkan berkomentar bila ada sesuatu yang ingin diketahui. Terima kasih semoga bermanfaat.

Share this :

Previous
Next Post »
1 Komentar

Komentar yang menyudutkan atau tidak berhubungan dengan tema blog akan dihapus oleh admin. Setiap komentar akan ditinjau terlebih dahulu sebelum diterbitkan. Trims.

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔