Fungsi Dan Kegunaan Kaca Spion Pada Truk Besar

Karena kesibukan di dunia nyata yang benar - benar menyita waktu, saya sempatkan untuk membuat posting sederhana kali ini yaitu mengenai fungsi dari kaca spion pada truk. Memang sederhana dan mungkin biasa saja info tentang kaca spion terutama fungsinya tapi menurut saya juga perlu di ketahui bagi anda yang belum paham fungsi aslinya.


Pada umumnya kaca spion digunakan untuk melihat kebelakang apabila anda sedang mengendarai kendaraan bermotor seperti sepeda motor misanya, namun untuk kendaraan seperti truk apalagi truk besar tentu saja sangat berbeda fungsinya apalagi truk besar memiliki kaca spion yang lebih banyak. Tentu saja bagi orang lain yang tidak begitu mengerti pasti bertanya tentang fungsinya dan juga jumlahnya yang sedikit lebih banyak dari truk yang notabene berukuran lebih kecil.


Truk - truk buatan lokal dan truk import yang tergolong truk besar saat ini memiliki perbedaan jumlah pada kaca spionnya. Pada truk - truk besar produksi lokal memiliki jumlah kaca spion sebanyak 3 buah saja yaitu sebuah kaca spion bulat pada bagian depan kiri dan dua buah kaca spion persegi panjang di bagian kanan dan kiri yang umumnya berbentuk cembung. Namun untuk truk - truk import menggunakan satu buah lebih banyak dibandingkan truk lokal yaitu empat buah kaca spion. Tata letaknya pun juga hampir sama dengan truk lokal namun untuk satu buah kaca spion tambahan memiliki bentuk bukan persegi panjang melainkan persegi sama sisi dan bentuknya cenderung lebih cembung daripada bentuk persegi panjang pada kaca spion sebelumnya. Lalu pertanyaannya apakah tidak bingung menggunakan begitu banyak kaca spion tersebut?


Bagaimana sebenarnya menggunakan banyak kaca spion seperti ini?
Fungsi utama pada kaca spion tentu saja semua orang tahu yaitu untuk mengetahui situasi dan kondisi pada area samping belakang suatu kendaraan. Namun sedikit berbeda pada truk besar, kita tidak hanya melihat sesuatu dari samping belakang melalui kaca spion saja, tapi juga samping depan dan muka pada truk tersebut untuk menjaga keamanan pengemudi truk tersebut. Dengan begini, pengemudi truk lebih leluasa melihat bagian - bagian yang sulit untuk dilihat.


Setiap varian kaca spion pada truk memiliki fungsi yang berbeda - beda. Untuk truk buatan lokal seperti info sebelumnya yaitu memiliki tiga buah kaca spion antara lain:

  • Kaca spion bulat depan kiri: Kaca spion ini berfungsi untuk mengetahui jarak posisi truk pada bagian muka dengan kendaraan lain apakah sudah dekat atau masih jauh, kendaraan didepan truk otomatis terlihat pada spion bulat apabila posisi sudah dekat. Pada umumnya terletak dibagian depan sebelah kiri atas.

  • Kaca spion kiri persegi panjang bagian atas: Pada truk import kaca spion ini berfungsi untuk melihat samping sampai kebelakang bagian kiri truk. Dengan kata lain melihat seluruh situasi dan kondisi truk khususnya pada bagian kiri. Umumnya kaca spion ini memiliki jarak pandang yang agak jauh (cembung).

  • Kaca spion persegi panjang bagian kanan: tentu saja untuk melihat situasi dan kondisi yang ada di sekitar kanan truk. Perlu diketahui bahwa pada truk lokal maupun import saat ini sekilas terlihat sama bentuknya yaitu persegi panjang namun inilah yang banyak pengemudi truk belum sempat mengetahui bahwa tampilan pada cermin kaca spion asli sebelah kanan memiliki jarak pandang yang dekat karena berdekatan dengan pengemudi. Hal ini bisa di ketahui apabila merubah atau mengganti letak kaca spion antara kanan dan kiri dengan bentuk yang sama.

  • Kaca spion kiri bawah persegi: Dari semua kaca spion yang disebutkan sebelumnya, kaca spion inilah yang memiliki jarak pandang sangat dekat karena fungsi utamanya adalah untuk melihat situasi dan kondisi cabin atau kepala truk sebelah kiri. Umumnya kaca spion ini digunakan pada truk - truk import saat ini dan fungsi selain melihat melalui kaca spion, pengemudi juga bisa melihat melalui pintu sebelah kiri. Perlu diketahui bahwa pintu sebelah kiri pada truk import menggunakan kaca, jadi selain menggunakan kaca spion pengemudi bisa melihat secara langsung situasi dan kondisi yang ada di kiri truk tersebut.


  • Semoga apa yang saya tulis diposting ini bisa menambah informasi kepada anda. semoga bermanfaat.

    Share this :

    Previous
    Next Post »
    0 Komentar

    Komentar yang menyudutkan atau tidak berhubungan dengan tema blog akan dihapus oleh admin. Setiap komentar akan ditinjau terlebih dahulu sebelum diterbitkan. Trims.

    Penulisan markup di komentar
    • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
    • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
    • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
    • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
    • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
    • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
    • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
    • © 2015 Simple SEO ✔