Truk Bercerita Menggunakan DNS Gratis Namecheap

Bulan Desember 2017 ini mungkin merupakan bulan yang kurang baik buat blog "Truk Bercerita". Kenapa ya? Memang tidak disangka - sangka bahkan tidak diduga - duga, pada bulan ini alamat DNS yang sudah dipakai selama kurang lebih 2 tahun telah ditutup. Jadi karena sebab itulah blog ini tidak bisa dikunjungi beberapa waktu. Untungnya saya sebagai pemilik blog mengetahui akan hal ini di sebuah email yang masuk kiriman dari google console yang menyatakan bahwa alamat IP blog ini sedang bermasalah dan tidak dapat dikunjungi. Mengetahui akan hal tersebut segera saya coba untuk mengunjungi blog ini. Ternyata memang tidak dapat dikunjungi yang diakibatkan karena alamat IP blog ini tidak ditemukan. Spontan saja saya langsung kaget mengetahuinya karena berdampak besar di search engine.


Awalnya saya membuat alamat blog ini adalah trukbercerita.blogspot.com yang merupakan blog gratis milik blogger dari google ( itu setahu saya ). Tidak lama kemudian saya mencoba mengupgradenya yang sebelumnya sub-domain menjadi domain sendiri menjadi mandiri yang sudah tidak terhubung dengan subdomain lagi. Domain ini adalah sebuah domain gratis yang saya buat dari situs freenom dan mulai awal saya tidak memperdulikan pendapat orang lain tentang hal - hal minusnya, yang penting adalah saya bisa berbagi informasi yang saya ketahui dari pengalaman saya didunia truk. Itu saja. Jadi bila ada yang bilang blog ini tidak bermodal dan sebagainya saya cuek aja, yang penting blog ini bisa bermanfaat untuk semua yang membutuhkan.


Selain domain gratis, saya juga menggunakan alamat DNS yang gratis pula. Pertama kali saya upgrade ke alamat domain sendiri pada tahun 2015 yang lalu dan alamat DNS yang saya gunakan adalah milik situs afraid DNS yang juga merupakan alamat DNS gratis yang bisa dipakai. Tapi pada tanggal 23 Desember 2017 DNS tersebut sudah tidak bekerja untuk situs saya dan setelah saya mengunjungi situs afraid DNS tersebut, akun saya ditutup dan terdapat informasi yang melarang saya membuka akun baru di situs itu. Alhasil kunjungan ke blog truk bercerita pun menjadi error 404 atau alamat tidak ditemukan.


Hari tersebut adalah hari menyulitkan buat saya untuk memulihkan blog bercerita supaya aktif lagi. Email pun saya kirim ke admin afraid agar akun saya bisa kembali dan DNS saya bisa aktif, tapi tetap saja akun milik saya hingga posting ini dibuat masih tetap ditutup. Saya mencoba mencari informasi di search engine tentang DNS lain yang dapat digunakan dan yang bisa dipercaya. Banyak sekali alamat DNS gratis yang ada namun saya menemukan yang cocok dan juga bisa dipercaya. DNS tersebut adalah DNS yang berasal dari situs terpercaya untuk membeli domain yaitu situs Namecheap.


Pembaharuan alamat DNS ke situs Namecheap juga merupakan pembaharuan untuk domain saya. Situs Namecheap membagikan DNS gratis walaupun asal domain tidak dibeli dari situs tersebut. Sebelum mengaplikasikan ke DNS Namecheap saya terlebih dahulu menghapus atau membatalkan domain truk bercerita dahulu lalu mengaktifkan kembali domain yang saya batalkan tersebut. Dengan begini masa aktif domain truk bercerita sedikit lebih panjang dari sebelumnya. Setelah itu barulah saya tautkan ke DNS yang baru yaitu DNS Namecheap, selesai penautan DNS barulah penautan CNAME dari blogger, blogger hanya meminta 2 buah CNAME agar domain bisa aktif. Ini merupakan awal mula saya menggunakan DNS milik namecheap yang sebelumnya setahu saya namecheap adalah situs untuk membeli domain, tidak yang lain karena saya sendiri pernah membeli domain disitus tersebut beberapa kali.


Kurang dari setengah jam setelah menyelesaikan penautan - penautan DNS, Domain, dan lain - lainya, saya mencoba mengunjungi alamat blog saya lewat url trukbercerita tersebut. Hal menggembirakan yang saya dapatkan, ternyata blog ini kembali aktif dan bisa dikunjungi lagi. Tidak lama kemudian saya menginformasikan tentang hal ini di fanspage truk bercerita bahwa blog ini telah aktif kembali dan bisa di kunjungi secara normal. Tautan fanspage trukbercerita telah ditambahkan di blog ini tepatnya dibagian bawah posting. Silahkan di Like ya bila ingin mengetahui terus update dari situs truk bercerita. Semoga bermanfaat.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Komentar yang menyudutkan atau tidak berhubungan dengan tema blog akan dihapus oleh admin. Setiap komentar akan ditinjau terlebih dahulu sebelum diterbitkan. Trims.

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔