Crane Khusus Bongkar Muat Pelabuhan Pelindo III Surabaya

Bongkar muat barang dengan ukuran yang besar tentu saja membutuhkan alat yang cukup besar untuk melakukannya dikarenakan ukuran yang besar tentu saja memiliki beban yang berat pula. Biasanya alat yang digunakan merupakan alat yang dikhususkan untuk melakukan hal - hal tersebut seperti crane, forklip, dan sejenisnya. Setiap alat - alat yang berat yang disebutkan sebelumnya memiliki fungsi dan kegunaan yang bisa dibilang berbeda. Jadi biarpun tergolong dalam kategori"alat berat", namun tidak semua bisa dilakukan dengan satu alat saja, tapi biasanya beberapa alat tersebut selalu bekerjasama.


Jenis - jenis barang bongkar muat sangat beragam bentuk dan jenisnya, biasanya jika bisa dilakukan oleh manusia sendiri, maka alat berat tidak akan dibutuhkan. Tapi bila kondisinya melebihi batas kekuatan manusia, maka alat beratlah yang harus digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Lalu, alat berat apa saja yang bisa dipakai? Sebenarnya tergantung tentang bongkar muat apa yang sedang dilakukan. Contohnya yaitu jika sebuah truk mengangkut semen, memang semen bisa diangkut oleh manusia itu sendiri tanpa harus menggunakan alat berat. Tapi jika penataannya tinggi dan supaya terlihat rapi, maka dibutuhkanlah forklip untuk mengangkutnya dari bawah ke bak truk. Penataan bisa dilakukan dibawah dengan tenaga manusia dan forklip hanya tinggal menaikan saja ke atas bak truk.


Crane. Biasanya di gunakan untuk bongkar muat barang yang bisa dibilang berat. Biasanya penggunaan crane ditujukan untuk kondisi jarak yang cukup tinggi yang mustahil bisa dilakukan oleh manusia itu sendiri. Biasanya crane digunakan untuk menaikkan dan menurunkan barang dengan jarak yang cukup tinggi. Penggunaan alat berat seperti crane bisa kita temui diproyek - proyek pembangunan gedung bertingkat yang menjulang tinggi. Ada pula crane yang dipasang diatas sebuah truk besar atau bisa dibilang crane berroda, ukuran crane berroda ini pada dasarnya tidaklah terlalu besar dan biasanya dapat berjalan di jalanan umum.


Apakah ada crane beroda yang lebih besar? Ada! Sebenarnya ada dan crane seperti ini jarang orang tahu karena keberadaannya. Crane ini tergolong crane yang cukup besar, karena ukurannya yang tergolong besar bahkan dump truk besar seperti yang saya bawa bisa lewat dibawahnya. Crane seperti ini tidak dapat berjalan dijalanan umum karena fisiknya yang sangat besar. Ukuran yang tergolong besar ini dipisah menjadi bagian - bagian kecil agar mudah dibawa ketempat tujuan menggunakan truk trailer agar tidak menarik perhatian. Bagian - bagian tersebut akan dirangkai kembali setelah tiba dan terkumpul ditempat tujuan.


Jika membahas soal dump truk, apa hubungannya dengan crane? Kebanyakan dump truk yang melakukan aktifitas bongkar muat dipelabuhan saat ini pasti menggunakan crane. Tidak hanya dump truk saja, truk - truk lain yang bongkar muat ke dan dari kapal pada dasarnya menggunakan crane. Bongkar muat ini meliputi beras, tepung yang diturunkan dari kapal langsung keatas bak truk. Proses seperti ini lebih cepat daripada diamgkut oleh tenaga manusia. Kembali ke bongkar muat dump truk. Proses bongkar muat dump truk didalam pelabuhan sebenarnya sama dengan proses bongkar muat truk yang lain. Tapi disini ada yang sedikit berbeda dengan ukuran cranenya.


Di pelabuhan tanjung perak terdapat beberapa crane yang bernama "Italgru". Dari namanya saja sudah bisa ditebak bahwa crane khusus ini didatangkan dari italia. Crane ini merupakan crane yang tergolong cukup besar dan tinggi yang digunakan dipelabuhan tanjung perak area terbatas. Crane ini merupakan versi terbaru tahun ini(2017) yang digunakan untuk bongkar muat dari kapal. Seperti yang saya tulis sebelumnya bongkar muat truk bisa lewat dibawahnya. Ya! Crane inilah yang saya maksud. Crane ini memiliki tinggi yang melebihi tinggi kapal tertinggi yang menggunakan sekitar 28 roda secara keseluruhan. Panjang kaki - kaki crane ini setara 3 dump truk berbaris dan 3 dump truk sejajar bisa masuk dibawah crane ini secara bersamaan. Sayangnya tidak ada foto atau gambar penuh untuk crane tersebut yang bisa dipasang diartikel ini, hanya sisa foto lama. Jika masih penasaran silahkan cari di dalam video yang sudah saya unggah di channel youtube saya. Banyak rekaman tentang crane tersebut. Mungkin sampai disini dulu dan semoga bermanfaat.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Komentar yang menyudutkan atau tidak berhubungan dengan tema blog akan dihapus oleh admin. Setiap komentar akan ditinjau terlebih dahulu sebelum diterbitkan. Trims.

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔