Awal Mula Pembuatan Truk Bercerita

Saat ini, Truk Bercerita sudah memiliki 3 media untuk berbagi tentang dunia truk khususnya dump truk. Kalau diurutkan yang pertama adalah blog ini, lalu di susul dengan pembuatan fanspage dan yang terakhir adalah pembuatan channel yang ada di youtube. Jika dibahas secara kilas balik, sebenarnya pembuatan nama Truk Bercerita berasal dari pembuatan nama blog ini sendiri dan itupun secara asal - asalan. Namun dari hal - hal yang bersifat asal - asalan tersebut, sekarang berubah menjadi keseriusan tentang nama Truk Bercerita. Sebenarnya seperti apa awal mula pembuatan Truk Bercerita ini?.


Blog Truk Bercerita pertama kali saya dibuat sekitar tahun 2012 yang lalu cuma bulan berapanya saya sudah lupa. Jika dihitung - hitung sudah berjalan 7 tahun sampai saat ini. Tapi itupun saya tidak langsung menulis artikel disini. Ketika blog Truk Bercerita ini dibuat, saat itu saya masih menulis artikel di blog mobile yang lainnya dengan tema campuran. Selain itu saya juga membuat blog download khusus video klip single - single jepang (mulai SMP saya sudah menyukai single - single jepang). Blog download tersebut adalah blog saya yang paling awal saya buat (blog pertama dibuat tahun 2006) dan dari sinilah saya mulai belajar codding. Setelah mengetahui bahwa blog tersebut akan ditutup secara permanen, maka pencarian blog - blog gratispun saya mulai. Saat pencarian tersebut, hanya 2 buah situs untuk blog gratisan yang cukup memikat hati saya. Pertama adalah situs Blogger ( www.blogger.com ) dan yang kedua adalah situs Wordpress ( wordpress.com ). Karena belum mengetahui interface keduanya, maka saya mencoba untuk mengenal isi dan fitur - fitur yang ada di kedua situs tersebut. Saat percobaan saya membuat terlebih dahulu nama blog namun masih asal - asalan saja karena cara kerjanya masih belum mengerti. Setelah mencoba kedua - duanya, akhirnya saya memilih situs milik blogger yang menurut saya fitur - fiturnya lebih mudah daripada situs milik wordpress.


Setelah memback up semua artikel yang ada di blog lama, saya lanjutkan untuk membuat blog baru dengan menggunakan blogger. Dari sinilah lahir Truk Bercerita. Pertama kali setiap akan membuat blog, pasti dan wajib membuat nama dan alamat url terlebih dahulu. Pertama kali saya sangat bingung mau pakai nama apa. Karena bingung, akhirnya saya kembali ke blog lama dan melihat semua judul artikel yang saya buat sebelumnya. Saat melihat judul - judul artikel tersebut, ternyata sebagian besar menyangkut tentang tema otomotif (truk). Jadi dengan hal tersebut saya putuskan untuk membuat blog dengan tema otomotif (truk). Kembali ke blogger. Ketika membuat nama dan alamat blog baru di blogger, semua nama yang saya masukan selalu tidak tersedia (artinya nama tersebut sudah dipakai oleh orang lain). Hal ini jelas membuat saya frustasi, akhirnya karena tidak menemukan titik terang, pembuatan nama dan alamat saya tunda selama 1 minggu. Selama 1 minggu tersebut saya hanya sibuk di dunia nyata saja.


Disaat - saat santai atau saat sedang mengemudi sering sekali terlintas nama untuk blog baru yang akan saya buat, namun tidak lama kemudian hilang karena kesibukan kerja. Penundaan yang sebelumnya hanya 1 minggu berubah menjadi 3 minggu, itupun baru ingat saat melihat kalender yang sudah berganti bulan. Memang tidak terasa waktu cepat berlalu. Ketika libur kerja tersebut saya mengulang kembali untuk membuat nama dan alamat blog baru saya meskipun sudah molor berminggu - minggu. Pembuatan nama dan alamat url simple yang saya buat selalu dan sudah terpakai. Nama yang saya pakai tetap menggunakan awalan "Truk" namun untuk akhiran ini yang susah. Setelah mengamati, berfikir panjang barulah titik terang muncul saat saya beranggapan bahwa artikel, informasi atau berita yang saya baca merupakan sebuah cerita. Jadi keputusan untuk nama belakang sudah di ambil yaitu "cerita", alhasil nama yang akan di pakai adalah "Cerita Truk", tapi masih gagal. Karena molor cuma soal nama saja, akhirnya saya buat nama blog saya dengan nama "Truk Bercerita" dan nama tersebut bisa dipakai untuk blog saya hingga sekarang. "Truk Bercerita, kalau disebut secara lesan terus - menerus menurut saya kesannya terasa 100% aneh, kalimatnya sangat tidak umum didengar dan juga lucu, masa truk bisa cerita?. Awalnya meskipun sudah dipakai, saya masih tertawa karena nama tersebut, masalahnya sangat aneh sekali, kesannya aneh sekali, tapi buat apa boleh (maksudnya apa boleh buat) nama yang lainnya sudah dipakai, jadi tidak masalah pakai nama iseng yang penting bisa dipakai.


Setelah selesai membuat nama dan alamat url, saya tidak langsung membuat artikel pada blog ini, melainkan membiarkannya selama beberapa tahun tanpa artikel sama sekali. Baru sekitar tahun 2015 awal Truk Bercerita menerbitkan artikel pertama. Jika dihitung - hitung setelah pembuatan blog, artikel pertama terbit 3 tahun kemudian. Kalau ditanya soal alasannya kenapa? Saya sendiri sudah lupa soalnya sudah lama kejadiaannya. Pada artikel pertama tersebut, saya hanya menyalin dari data yang sudah saya back up semua di blog ini. Hanya perubahan gambar pendukung saja yang saya ganti serta codding untuk penataan kalimat agar terlihat merata.


Pembuatan Fanspage Truk Bercerita
Setelah menerbitkan beberapa artikel, blog ini ternyata bukannya maju tapi malah mundur. Tidak ada pembaca yang mampir pada saat itu. Jadi, sebagai alternative saya membuat halaman facebook. Dengan sedikit searching mengenai cara membuat halaman facebook, akhirnya halaman facebook tersebut bisa di terbitkan dan bisa dinikmati sampai sekarang. Nama halaman facebook tersebut adalah Truk Bercerita. Awalnya pembuatan halaman ini saya tujukan untuk sharing secara otomatis artikel yang saya buat dari blog dengan maksud agar blog yang baru saya buat bisa mendapatkan pembaca walaupun itu hanya 1 orang saja. Awalnya seperti itu, namun lama - lama rasanya tidak ada kemajuan yang bisa dibilang "wah". Bahkan saya sendiri pernah sampai malas membuka halaman yang saya buat karena halaman tersebut terkesan monoton, tidak ada variasi lain selain url dari blog saya. Akhirnya ada sebuah ide untuk menghilangkan monoton dari halaman facebook yang saya buat. Pada keesokan harinya, saya menghubungi teman teman saya sesama pengemudi untuk menjadi admin di halaman truk bercerita. Saya meminta secara langsung kepada ke - 3 teman saya untuk menjadi admin di fanspage ini. Setelah sepakat akhirnya admin di fanspage truk bercerita menjadi 4 orang. Penambahan admin membuat halaman yang sebelumnya monoton menjadi lebih berwarna. Halaman yang sebelumnya hanya berisi url dari blog, sekarang berisi foto - foto, video rekaman kerja dan banyak lainnya. Sedikit lega rasanya karena terbantu oleh teman - teman untuk mengelolanya.


Selain untuk mengisi halaman, admin lain juga mengirimi saya video kerja mereka. Dari sinilah awal mula saya mengedit video yang biasa saya terbitkan di halaman facebook dan juga yang terbaru di channel youtube saya. Ketika membuat atau mengedit video, awalnya saya tidak mengerti tentang hak cipta jadi asal buat saja yang penting bagus langsung terbitkan di fanspage. Saya baru mengerti tentang konten hak cipta ketika setelah menerbitkan video di fanspage mendapat sebuah peringatan tentang lagu yang saya pakai ternyata dihapus karena masuk kategori hak cipta. Ternyata tidak bisa main comot lagu karya orang lain secara sembarangan meskipun memberikan kredit pada video tersebut. Jadi setelah mendapatkan pengalaman tersebut saya jadi mengerti tentang konten hak cipta. Awalnya video yang saya buat berbentuk asli dari kiriman teman - teman saya. Video asli tersebut berukuran potrait, jadi ketika diputar terdapat laman blur di samping - samping video tersebut. Memang untuk pertama kalinya tidak merasakan keanehan, namun setelah beberapa waktu ketika melihat ulang video yang saya buat menjadi hal yang cukup aneh atau nggak movie banget menurut saya. Hal ini tentu saja membuat saya kurang menyukainya. Akhirnya pengeditan video saya potong menjadi ukuran widescreen agar terlihat sama seperti video - video lainnya yang ada. Pengeditan video - video tersebut saya lakukan melalui smartphone saja karena kebanyakan orang saat ini sudah memiliki smartphone tapi tidak semua orang memiliki notebook atau komputer untuk mengedit video. Pengeditan video lewat smartphone lebih simpel dan cepat menurut saya, hanya tinggal download aplikasinya di playstore sudah beres. Tinggal pilih versinya saja tanpa perlu repot - repot jinjing notebook. Haha.


Pembuatan Channel Youtube Truk Bercerita
Sebagai pelengkap artikel di blog Truk Bercerita, berikutnya saya membuat channel youtube dengan nama Truk Bercerita. Pembuatan channel ini atas dasar dari pembuatan video sebelumnya. Banyak dari teman - teman saya yang menyukai video editan hasil kreasi saya, oleh karena itu akhirnya channel youtube Truk Bercerita saya buat. Sekarang selain update video di fanspage, juga update video di youtube. Menurut saya ini cukup komplit saat ini, bila dirasa kurang akan di tambahkan yang lainnya.


Itu adalah cerita awal mula pembuatan Truk Bercerita yang dimulai di blog, fanspage, hingga channel youtube. Bila ada pertanyaan mengenai pembuatan truk bercerita, tidak perlu sungkan ' sungkan langsung layangkan komentar anda di bawah posting ini. Komentar anda tidak akan muncul sebelum saya membacanya terlebih dahulu. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Komentar yang menyudutkan atau tidak berhubungan dengan tema blog akan dihapus oleh admin. Setiap komentar akan ditinjau terlebih dahulu sebelum diterbitkan. Trims.

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔