Proses Bongkar Muat Beras Bulog Oleh Dump Truk

Salah satu kegiatan bongkar muat dipelabuhan tanjung perak selain makanan ternak, ada juga yang berupa kebutuhan pokok sehari - hari kita yaitu beras. Namun kegiatan bongkar muat beras ini sangat jarang sekali dilakukan dan pada dasarnya bongkar muat jenis ini tidak termasuk bagian dari bongkar muat untuk dump truk. Dump truk hanya dipakai untuk membantu saja agar proses bongkar muat lebih cepat. Proses bongkar muat beras seperti ini cukup memakan waktu yang lama, maka dari itu banyak pengemudi dump truk yang merasa gelisah karena hal ini. Proses antian yang bisa berhari - hari ini membuat banyak dump truk beralih ke bongkar muat yang lain yang lebih cepat seperti makanan ternak misalnya.


Bongkar muat beras yang sebelumnya pernah dilakukan akan dibawa ke gudang - gudang milik bulog. Dari pelabuhan perak surabaya, beras - beras tersebut akan dikirim ke beberapa wilayah gudang bulog di jawa timur. Biasanya untuk pengiriman yang cukup jauh hanya menggunakan truk yang bermuatan lebih banyak seperti truk gandeng, truk bak tronton yang notabene bisa memuat lebih banyak karung beras dari pada dump truk pada umumnya. Jika area yang tercakup adalah seluruh jawa timur, maka bisa dipastikan bahwa dump truk akan mendapatkan kiriman dengan jarak yang terhitung dekat.


Tidak seperti truk - truk jenis gandeng ataupun truk bak tronton panjang yang bisa mengangkut hingga 800 sak beras dengan berat persaknya 50kilogram, dump truk dengan bak standart hanya mampu menampung sekitar 500 sak dan itupun sudah melebihi batas tinggi bak pada dump truk. Jadi karena hal tersebut dump truk hanya dapat mengirim beras - beras tersebut ke daerah - daerah yang terdekat saja seperti sidoarjo dan pasuruan karena keterbatasan muatan. Untuk jarak yang lebih jauh akan di kirim oleh truk - truk yang bisa memuat lebih banyak. Aturan - aturan tersebut diberlakukan dengan dasar kerja cepat dump truk. Bagaimana proses bongkar muat beras ini?


Sebelumnya beras - beras tersebut didatangkan dari luar negeri dan diangkut dengan kapal. Setelah bersandar ke pelabuhan, beras - beras tersebut di pindahkan dari palka kapal ke bak truk dengan alat bawaan kapal yaitu crane. Tidak seperti crane yang ada di pelabuhan yang bisa bergerak cepat, crane bawaan kapal cukup menyita waktu dalam proses loading beras tersebut. Sebuah dump truk bisa menyelesaikan loading untuk 500 karung beras sekitar 30 menit. Hal ini tentu saja menyita waktu. Berbeda jauh seperti saat loading jagung atau makanan ternak yang hanya membutuhkan waktu rata - rata 5 menit saja.


Pada saat bongkar di lokasi sedikit berbeda. Proses bongkar cukup mudah dan cepat, namun untuk dump truk saja dan untuk yang lain masih tetap sama (masih menyita waktu). Penataan bongkar beras masih tetap menggunakan kuli panggul namun ketika mulai proses bongkar, kuli panggul tersebut hanya mengambil karung - karung yang ada di dekat pintu bak truk, setelah ditata rapi di bawah bak truk, truk (dump truk) tersebut tinggal mengangkat baknya saja hingga semua beras - beras tersebut keluar dari dalam bak truk. Karung - karung beras yang sebelumnya sudah di tata rapi dibawah bak truk adalah sebagai alas agar sisa karungan beras dari dalam bak truk pada saat bak jumping tidak rusak saat jatuh ke bawah. Setelah semuanya sudah turun atau bak truk sudah kosong, truk tersebut bisa keluar dari lokasi bongkar tersebut. Usai mengeluarkan truk dari lokasi bongkar, pengemudi dump truk tersebut hanya tinggal menunggu penghitungan sampai selesai.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Komentar yang menyudutkan atau tidak berhubungan dengan tema blog akan dihapus oleh admin. Setiap komentar akan ditinjau terlebih dahulu sebelum diterbitkan. Trims.

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔